Yang Kutahu Tentang Tante Alexa

Written By Rey on Selasa, 03 April 2012 | 22.33

Saya pernah mengalami sesuatu yang lucu saat membuka halaman setting plugin SEO SearchTerms Tagging 2. Saya melihat ada kueri penelusuran yaitu "Brkenalan Dengan Tante-Tante", saya langsung tersenyum sendiri melihat hal tersebut. Itu pasti nyasar ke posting saya yang berjudul Berkenalan dengan Tante Alexa. Sebenarnya tidak ada maksud apa-apa saya menulis judul seperti itu. Apalagi untuk berharap banyak yang nyasar seperti itu. Saya hanya iseng ingin judul yang unik saja untuk posting saya. Tetapi tidak tahunya mendapat trafik dari sebuah keyword tersebut.


Yang ingin saya bagikan kali ini bukan mengenai judul ataupun keyword. Paragraf diatas hanya intermezzo saja hehe... :) Saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya selama memantau peringkat Blog Reyzha di Alexa Rank. Karena banyak yang masih bingung dengan algoritma yang diterapkan oleh Alexa dalam memberikan peringkat.


Yang saya perhatikan di sini adalah Rank in Country, bukan yang global rank. Kalau untuk Global saya rasa bisa lebih sering berubahnya daripada rank in ID nya. Beberapa hari yang lalu Rank In ID saya 16 ribu an. Kemudian kemarin selama 2 hari membesar kembali nilainya menjadi 18 ribuan. Dan kemudian hari ini mengecil lagi menjadi 15 ribuan. Cukup banyak kan perubahannya. Dari yang saya lihat di sana, peningkatan itu disebabkan reputasi yang bertambah. Reputasi adalah backlink yang terpantau oleh Alexa. Biasanya tertulis seperti ini "Sites Linking In: 35". Darimana asal backlink itu? Asal Anda tahu, itu tidak berasal dari aktivitas tukar link atau link exchange yang sampai saat ini masih banyak yang menerapkannya. Backlink yang saya dapatkan adalah dari komentar yang saya tinggalkan di Blog lain. Itulah mengapa saya pernah menulis tentang komparasi Antara Komentar Dan Tukar Link.


Maka semakin jelaskan manfaat berkomentar. Selain menunjukkan bahwa Anda aktif dalam BlogWalking, juga bisa mendapatkan reputasi pada Alexa, dan kemungkinan besar Paman Google pun menilai demikian. Selain itu berkomentar bisa menjadikan keakraban antar pemilik Blog. Bagi saya ini lebih menyenangkan daripada aktifitas pertemanan di jejaring sosial. Cobalah untuk lebih aktif berkomentar, walaupun di Blog yang tidak memasang Alexa Widget. Karena meskipun mungkin sebuah blog tidak memiliki akun Alexa, tetapi backlink yang dihasilkan tercatat oleh Google.


Kesimpulannya, jika Anda ingin membuktikan cara menaikkan peringkat atau merampingkan nilai Alexa Rank dari backlink komentar, mulailah dengan mengisi form komentar di bawah. Selamat mencoba, dan Salam... :)

8 komentar:

Idham mengatakan...

Itu benaran tante yang namanya Alexa :lol:

Reyzha mengatakan...

Haha, iya kali mas, itu masih Sepupunya Paman Google kayanya

papap arfa mengatakan...

oh gitu ya mas.. maklum skarang saya udah jarang-jarang blogwalking neh hehe.. mayan lah tipsnya mas buat ngurusin pinggang si tante xixi..makasih atas kunjungannya mas :)

Reyzha mengatakan...

Haha, terimakasih kunjungannya Mas, salam kenal...

Dickson Kho mengatakan...

Terima Kasih atas infonya, sangat bermanfaat sekali. Jadi harus rajin belajar dari teman-teman lewat artikel dan berikan komentar yang sifatnya membangun,
Thanks ya....

Reyzha mengatakan...

Untuk algoritma Alexa mungkin belum ada yang tahu pasti, tetapi berinteraksi dengan Blog lain memang sangat bermanfaat. Apalagi dengan Blog yang memiliki reputasi bagus di Alexa ataupun memiliki PR tinggi. Yang penting tetap semangat Blogging. :)

vino mengatakan...

oh.. ternyata begitu yah, bukan karena tukar link yah, tapi karena koment yah, makasih yah, aku baru tau nih. :)

Reyzha mengatakan...

Pada dasarnya meninggalkan komentar dengan url kan termasuk link juga. Dan untuk mempertahankan rank Alexa, dengan menerbitkan posting baru secara rutin. Maksudnya rutin tidak harus setiap hari. Tetapi teratur intervalnya.

Posting Komentar

Tahukah anda, berkomentar menggunakan nama dan url bisa meningkatkan kunjungan balik ke Blog anda? Gunakan form komentar dengan bijak. Tingkatkan Backlink secara efektif hanya dengan meninggalkan komentar menggunakan Name/URL.