Menggunakan Mode Gzip Compression

Written By Rey on Kamis, 05 April 2012 | 07.01

Salah satu cara mengkompres halaman situs Anda adalah dengan gzip. Ini akan memperkecil ukuran html file. Jika mengaktifkan melalui .htaccess Anda, tambahkan kode berikut.

Cara 1 Melalui .htaccess


php_value output_handler ob_gzhandler

Untuk spesifikasi, tambahkan juga ini.

<ifModule mod_gzip.c>

mod_gzip_on Yes

mod_gzip_dechunk Yes

mod_gzip_item_include file .(html?|txt|css|js|php|pl)$

mod_gzip_item_include handler ^cgi-script$

mod_gzip_item_include mime ^text/.*

mod_gzip_item_include mime ^application/x-javascript.*

mod_gzip_item_exclude mime ^image/.*

mod_gzip_item_exclude rspheader ^Content-Encoding:.*gzip.*

</ifModule>

Atau bisa juga dengan menambahkan kode berikut ke file-file php satu per satu. Tambahkan kode ini pada file index.php, single.php, 404.php dan halaman lain yang ingin Anda kompres.

Cara 2 Menempatkan Di File-File PHP


<?phpif (substr_count($_SERVER['HTTP_ACCEPT_ENCODING'], 'gzip')) 
{

ob_start("ob_gzhandler");

}

else {

ob_start();

}
?>

Cara menempatkannya, tepat di atas kode <?php get_header(); ?>
Tapi ada beberapa kasus karena struktur tema-tema yang baru banyak dienkripsi oleh pembuatnya. Jika Anda tidak pandai-pandai mengenal strukturnya untuk mengencode dan menghapus enkripsinya, maka saya sarankan jangan melakukan yang di atas. Alih-alih tidak berfungsi sebagaimana mestinya tetapi malah bisa mengakibatkan error.
 
Untuk alternatifnya, cobalah cara ini pada functions.php Sebelumnya matikan dulu semua plugin penghasil cache yang Anda gunakan, terutama yang mempunyai fungsi untuk kompresi. Tambahkan ini pada functions.php di bawah tag pembuka <?php seperti di bawah ini (Tambahkan yang berwarna merah saja).

Cara 3 Menempatkan Kode Di functions.php



<?php

ob_start("ob_gzhandler");

ob_start("compress");


Kompresi yang dihasilkan lebih baik daripada yang dihasilkan oleh plugin, jika dengan plugin halaman saya terkompres 78%, dengan cara ini bisa 83%. Ada lagi cara yang Ekstrim dengan mengkompres total. Semua file Anda otomatis menjadi 1 baris saja jika dilihat source kodenya. Tapi dari semua cara tadi yang paling aman adalah cara yang melalui file .htaccess Anda. Yaitu cara yang pertama di atas. Anda bisa test hasilnya yang mencapai 80% compressed. Selamat mencoba, Salam... :)

2 komentar:

gaulhost mengatakan...

nanti kalau sudah terpasang efek sampingnya buat blog kita apa kak
salam kenal ya

~๑ஜ๑۞๑ஜ๑♥ЯΣУ♥๑ஜ๑۞๑ஜ๑~ mengatakan...

loadingnya lebih cepat dan hemat Bandwidth. Ini untuk Wordpress dengan shared hosting. Kalau blogspot sudah diaktifkan kompresinya oleh Google.

Posting Komentar

Tahukah anda, berkomentar menggunakan nama dan url bisa meningkatkan kunjungan balik ke Blog anda? Gunakan form komentar dengan bijak. Tingkatkan Backlink secara efektif hanya dengan meninggalkan komentar menggunakan Name/URL.