Cara Menambahkan Rating Bintang

Written By Rey on Sabtu, 14 April 2012 | 00.13

Ada banyak data yang dapat dimasukkan untuk memperkaya snippets atau cuplikan yang ditampilkan oleh hasil pencarian Search Engine seperti Google. Mungkin Anda pernah melihat cuplikan yang muncul dengan dilengkapi rating bintang dan ulasan. Nah, di sini saya akan memberikan cara untuk menampilkan rating bintang secara manual untuk ditampilkan pada hasil pencarian. Cara ini saya adaptasi dari plugin SEO Ultimate untuk menampilkan rich snippets creator. Ini saya terapkan di WordPress, jika di Blogspot mungkin berbeda penerapannya, tergantung kode yang ada.

Langsung saja saya tunjukkan langkah-langkahnya. Pertama Anda buka Appearance Editor dan edit di bagian single.php atau Singlepost. Lalu Anda cari kode seperti ini:
<?php the_content('Read the rest of this entry &raquo;'); ?>

atau seperti ini:
<?php the_content('Read more &rarr;'); ?>

Tergantung tema biasanya setiap tema berbeda-beda dalam menampilkan teks untuk readmore. Silakan sesuaikan sendiri. Yang standar adalah seperti ini <?php the_content(); ?>

Setelah Anda menemukannya, tambahkan kode berikut ini di atas kode tersebut.
<div itemscope itemtype="http://data-vocabulary.org/Review">

Kemudian tambahkan juga kode berikut ini di bawah <?php the_content(' '); ?>
<span itemprop="itemreviewed" content="<?php the_title(); ?>"></span><span itemprop="rating" content="3.5"></span><time itemprop="dtreviewed" datetime="<?php the_time('c'); ?>"></time><span itemprop="reviewer" content="Nama Anda"></span></div>

Jadi lengkapnya seperti ini:
<div itemscope itemtype="http://data-vocabulary.org/Review">
<?php the_content(); ?>
<span itemprop="itemreviewed" content="<?php the_title(); ?>"></span><span itemprop="rating" content="3.5"></span><time itemprop="dtreviewed" datetime="<?php the_time('c'); ?>"></time><span itemprop="reviewer" content="Nama Anda"></span></div>

Untuk tulisan Nama Anda yang berwarna biru, ganti dengan Nama Anda. Kemudian angka 3.5 atau yang berwarna merah, silakan diganti sesuai dengan yang Anda inginkan, berapa jumlah bintang menyala yang ingin ditampilkan. Isikan dengan angka antara 1 sampai dengan 5. Agar terlihat unik bisa juga Anda gunakan desimal untuk menampilkan bintang setengah, misalnya 0.5 hingga 4.5 sesuai yang Anda inginkan pemisahan angka menggunakan titik (.) bukan koma (,).

Setelah itu save, dan lihat hasil dari langkah-langkah yang telah Anda lakukan. Langsung saja menuju Rich Snippets Testing Tools. Lalu di sana masukkan url menuju salah satu postingan Anda dan klik Preview. Jika Anda telah mengikuti langkah-langkah di atas dengan benar, maka akan muncul tampilan Snippets hasil pencarian halaman Anda di Google. Di sana akan terlihat jumlah bintang sesuai yang Anda masukkan, Diulas oleh, dan tanggal ulasan.

Bagaimana Sobat, apakah Anda sudah berhasil menampilkan bintang? Jangan lupa bagikan komentar melalui form di bawah. Semoga bermanfaat, selamat mencoba, dan Salam... :)

16 komentar:

dhenycahyoe mengatakan...

ini rating seperti ini fungsinya buat apaan ya mas?

Reyzha mengatakan...

mungkin sebagian menganggap ini untuk penampilan saja, misalnya jika ada bintangnya akan menarik perhatian orang yang searching. Tapi sebenarnya sedikit banyak ini mempengaruhi juga posisi di hasil pencarian. Karena Google juga memperhitungkan data yang kita suntikkan ke snippets. Mohon koreksi jika asumsi saya kurang tepat.

Alang Fauzi Bertuah mengatakan...

Tutorial ini bermanfaat sekali, Mas Reyzha. Saya juga sudah menerapkan triks ini dan alhamdulillah berhasil.

Reyzha mengatakan...

Iya Bang semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman lain yang mencari cara seperti ini.

Randeezt mengatakan...

Dulu pernah coba trik ini, tapi karena ada kode yang gak ada di tema akhirnya saya batalkan... huff

Reyzha mengatakan...

memang kode yang mana? saya juga mengalami waktu edit komen form, ternyata tema saya tidak punya extended comment form, jadi saya edit dari file bawaan WP di luar folder tema.

Randeezt mengatakan...

Kode :
sama yang mas...

Randeezt mengatakan...

Loh kok gak muncul sih ? pokoknya 2 kode yang diatas mas...

Alang Fauzi Bertuah mengatakan...

Sebenarnya Saya sudah menerapkan triks ini sejak sekitar tiga minggu yang lalu. Dan sekarang artikelnya masih dalam draft yang rencananya di posting 16 April 2012 :)

Konfigurasi scriptnya hampir sama hanya saja punya Saya sudah berbaur dengan beberapa bagian lainnya dari seperti reviewer= akun google plus dan updated artikel (dtupdated). Tetapi hasilnya ya hampir sama saja dengan triks Mas Reyza :)

Reyzha mengatakan...

iya Bang, mungkin saya hanya membahas sedikit cara dasar memunculkan rating bintang di snippets saja... :)

Reyzha mengatakan...

hehe, kalu nulis kode tertentu pada komen diparsing dulu pake kode htmlnya biar muncul, seperti kalu kita nulis kode menggunakan tag pre bukan text area atau code.

cara memakai jilbab mengatakan...

Alhamdulillah,.,.,.saya sudah ngetes...dan berhasil..menunggu terindeks dulu om...btw gmna caranya tampilkan poto penulis di seaech engine yg mirip blog kk??

Reyzha mengatakan...

Melakukan verivikasi authorship dengan akun G+ pada webmaster center (webmastertools). Kalau sudah terverivikasi nanti authornya bisa muncul di snippet.

Titus mengatakan...

Ini yang kucari-cari..
penasaran ama hasil pencarian di search engine kok ada bintang-bintangnya..
kucoba dulu bro Reyzha tipsnya..
thanks

Wujudkan Mimpi Lewat Aksi

Rey mengatakan...

Sama-sama bro, ya, selamat mencoba semoga berhasil...

Info Dahsyat mengatakan...

Mantap...
it's work gan!

Posting Komentar

Tahukah anda, berkomentar menggunakan nama dan url bisa meningkatkan kunjungan balik ke Blog anda? Gunakan form komentar dengan bijak. Tingkatkan Backlink secara efektif hanya dengan meninggalkan komentar menggunakan Name/URL.