Baru Tahu Tentang Auto Comment

Written By Rey on Senin, 23 April 2012 | 01.46

Wah senangnya dapat komentar berbahasa Inggris. Pertama melihat di fikiran saya langsung merasa bangga. Tapi setelah saya approve dan saya balas, saya membaca lagi. Kok sepertinya ada yang aneh dengan komentar ini? Sepertinya ada yang janggal. Prediksi saya bahwa komentar ini dikirim tanpa membaca ataupun mengunjungi Blog Reyzha. Kenapa saya berfikir begitu? Karena dalam komentar menulis lagi judul artikel yang dia baca. Di situlah yang janggal. Karena saya terbiasa menulis judul yang berbeda pada title rewriter di SEO Ultimate untuk setiap postingan saya. Jadi judul yang saya sajikan di Blog sudah banyak berbeda dengan judul yang muncul di Hasil Pencarian Google.

Komentar yang saya dapatkan menulis bahwa dia berterimakasih atas sharing saya dengan judul "Ganti Tema Wordpress". Padahal kenyataannya, di sini saya tulis "Blog Reyzha Ganti Penampakan". Sungguh jauh berbeda kan. Karena itu hari ini saya memasukkan komentar tersebut ke SPAM. Padahal sebelumnya saya merasa konyol, berusaha menjawab komentarnya dengan bahasa Inggris semampu saya haha...

[caption id="attachment_3678" align="aligncenter" width="300" caption="Klik Untuk Memperbesar Gambar"]SpamBot1[/caption]

Dan yang lebih menarik, hari ini ada lagi komentar serupa dengan kata-kata yang sangat mirip. Yang kemarin Blognya berbahasa Inggris dan yang hari ini berbahasa Indonesia. Tapi saya yakin dari IP nya sepertinya memang orang lokal keduanya.

[caption id="attachment_3679" align="aligncenter" width="300" caption="Klik Untuk Memperbesar Gambar"]SpamBot2[/caption]

Saya mulai berfikir, kok ada saja ya cara orang mencari trafik dengan cara sep0erti itu. Sebenarnya tidak ada hukum yang melarang hal seperti itu. Lagipula komentarnya dengan bahasa yang baik dan bisa menyenangkan Sang Penulis. Tetapi coba Anda bayangkan. Puaskah Anda jika mendapat komentar yang memuiji-muji, tapi kenyataannya si Komentator sama sekali tidak mengunjungi Blog Kita.

Dari yang saya lihat sepertinya dia hanya menemukan link dan judul dari Search Engine. Kemudian menggunakan tool semacam auto comment untuk mengirimkan komentarnya. Memang sebenarnya saya sendiri yang kurang memperhatikan untuk SPAM Bot. Dan ini jadi pengalaman yang sangat berharga untuk saya.

Untuk selanjutnya mohon ma'af Sobat, saat ini saya aktifkan moderasi untuk semua komentar yang masuk. Karena untuk pengaman Spam Bot saya belum lakukan dengan baik. Apa pengalaman menarik Anda dengan serangan SPAM? Silakan berbagi melalui form komentar di bawah.

6 komentar:

Randeezt mengatakan...

Saya dulu sering tuh dapet komen english seperti itu, tp waktu masih di wp.com ... kalau gak salah namanya spambot,, CMIIW

Reyzha mengatakan...

Betul, dan baru kali ini saya paham yang namanya remote comment. :)

Informasi Unik mengatakan...

Hi salam kenal, Sebelumnya komen begitu masuknya ke pending dulu ato langsung ke spam?

Reyzha mengatakan...

Sebelumnya saya aktifkan untuk moderasi semua komen, jadi masuk ke pending dulu.

eko susilo mengatakan...

Hampir setiap hari blog saya dapat yang gituan :D

Reyzha mengatakan...

hehe iya, saya baru kali ini tahu yang begituan, Salam kenal mas... :)

Posting Komentar

Tahukah anda, berkomentar menggunakan nama dan url bisa meningkatkan kunjungan balik ke Blog anda? Gunakan form komentar dengan bijak. Tingkatkan Backlink secara efektif hanya dengan meninggalkan komentar menggunakan Name/URL.